Hari Ini:

Sabtu 24 Jun 2017

Telpon:

(0265) 7524851

SMS/Whatsapp:

0853.2007.8349

BB Messenger:

769454C5

Kontak Pengelola

nurdiana

SMS & Telp. 0853 2007 8349 Pin BB 769454C5

Yang mau pesan produk harap cantumkan KODE produk nya ya agar tidak tertukar, Terimakasih (^_^)

Temukan kami di

Pembayaran Melalui

Rek : 0540725063
An. Asep Nuryamin
Rek : 131-00-126-40-480
An. Asep Nuryamin
Rek : 4466-01-007831-53-1
An. Asep Nuryamin

9 MANFAAT BUMBU DAPUR

14 October 2016 - Kategori Blog

16-1

www.greenworld4life.com – Bumbu dapur yang biasa digunakan dalam masakan sehari-hari masyarakat Indonesia cukup beragam. Info dibawah, semoga dapat menambah pengetahuan bagi kita semua, khususnya Ibu atau calon Ibu rumah tangga dirumah.memasak menu favorit untuk suami/keluarga yang menyehatkan.

1.Lengkuas
Lengkuas dapat memberikan rasa segar dan harum pada masakan. Namun tahukah anda bahwa lengkuas juga bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan zat aktif galangol, alonin dan resin dalam lengkuas dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi diare, perut kembung dan demam

2.Bawang Merah
Penambahan bawang merah dalam masakan untuk memberikan cita rasa yang khas dan menambah rasa gurih.

Tahukan anda bahwa kandungan nutrisi bawang merah cukup kaya. Dalam bawang merah terdapat vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan zink. Konsumsi secara teratur dapat menghindarkan dari kekurangan unsur vitamin dan mineral.

Selain itu, bawang merah juga mengandung tolbutomid yang dapat membantu mengontrol gula darah dalam hati, mengatur pelepasan insulin dan mencegah gangguan yang dapat mempengaruhi produksi insulin dalam tubuh.

3.Ketumbar
Penggunaan ketumbar dapat memberikan aroma yang segar dalam masakan. Selain itu, ketumbar juga banyak dimanfaatkan untuk memperlancar pengeluaran gas dalam saluran pencernaan, merangsang nafsu makan (stimulan). Serta mengobati rasa pusing dan mual.

4.Kemiri
Kandungan minyak dalam kemiri dapat menambah rasa gurih pada masakan. Biji kemiri juga memiliki efek laksatif atau pencahar. Selain itu, berkhasiat untuk meningkatkan kesegaran tubuh (stimulan) dan sebagai sudorifik atau peluruh keringat.

5.Kunyit
Kunyit digunakan untuk memberi wrna kuning alami pada masakan. Kunyit juga dikenal memiliki aktifitas antimikroba, antiradang dan antivirus.

Selain itu, kunyit berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kandungan kurkumin atau senyawa fenolik alami pada kunyit bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6.Daun Jeruk
Daun jeruk yang sering ditambahkan dalam masakan adalah daun jeruk purut. Daun jeruk purut digunakan sebagai penyedap rasa dan dapat memberikan aroma khas pada masakan yang dapat menggugah selera.

Tahukah anda bahwa daun jeruk purut juga dapat mengatasi badan lelah sesudah bekerja atau letih sehabis sakit berat. Anda cukup merebus 2 genggam daun jeruk purut segar ke dalam 3 liter air sampai mendidih (selama 10 menit). Tuangkan ramuan tersebut ke dalam satu ember air hangat dan gunakan untuk mandi.

7.Daun Salam
Aroma daun salam sangat khas. Penambahan daun salam dalam masakan dapat memberikan rasa gurih.

Selain itu, daun salam juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diare, mengatasi maag, diabetes, dan asam urat. Kandungan flavonoid dalam daun salam juga berkhasiat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, anti-inflamasi, antialergi, antivirus dan antikarsinogenik.

8.Serai
Masakan yang menggunakan serai akan tercium lebih harum. Kandungan minyak esensial dalam serai dapat memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Minyak tersebut juga dapat memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang-kejang.

9.Bawang Putih
Bawang putih mampu memberikan aroma wangi yang khas pada masakan. Agar aroma yang keluar lebih harum, sebaiknya bawang putih dimemarkan beserta kulitnya, lalu dicincang atau dihaluskan.

Senyawa aktif dalam bawang putih yang dihancurkan memiliki sifat antibakteri dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan senyawa alicin dalam bawang putih juga berfungsi sebagai antioksidan dan insyaallah dapat mengurangi kadar asam urat.

Thanks to : Faiz Alfaiz

error: Content is protected !!